Senin, 02 Agustus 2010

PENGAJARAN PROFESIONAL DAN PEMBELAJARAN BERMAKNA

Pelatihan Guru Profesional

Kerjasama MGMP IPA SMP Kab. Kudus dengan DBE-3 - USAID, mengadakan kegiatan Replikasi BTL-2 "Pengajaran Profesional dan Pembelajaran Bermakna-2 " di SMP 2 Mejobo Kudus dari tanggal 28-30 Juli sampai dengan 2 Agustus 2010.
Metode Pelatihan Guru yang sangat menarik dan tidak membosankan peserta, fasilitator tampil berdua dengan bergantian bicara di hadapan para peserta. Metode Pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan di contohkan oleh fasilitator dan peserta sebagai siswa. Tentu saja karena sebagai siswa peserta aktif melaksanakan tugas sesuai scenario pembelajaran. Refleksi sangat diperlukan untuk pembahasan kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran. Tuntutan Guru Profesional harus dapat melakukan pembelajaran berbasis  CTL ( Contextual Teaching and Learning ) atau PAIKEM ( Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan ), lebih-lebih guru yang lulus sertifikasi dan telah menerima tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok tiap bulannya.












Reel Teaching
Pembelajaran bermakna disetting dengan pembelajaran berbasis CTL atau Paikem. Pembelajaran di kelas harus menyenangkan dan bervariatif agar siswa tidak bosan menerima pelajaran. Pembelajaran ini bersifat cooperative learning, construktivisme dan student centered. Peran guru dalam kelas hanya bersifat sebagai fasilitator. Siswa dibiasakan bekerja secara kooperatif dan berani mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
Peserta Pelatihan pada hari terakhir hari Senin 2 Agustus 2010 jam ke-3 dan 4 mengajar di SMP 2 Mejobo pada kelas VII, VIII dan IX dengan materi pembelajaran yang berbeda. Guru peserta merencanakan pembelajaran pada hari sebelumnya secara tim atau kelompok. Tiba saatnya mengajar di kelas, siswa menyambut antusias dengan proses pembelajaran cooperatif learning.
Ini potret pembelajaran CTL di kelas yang dilakukan oleh Guru Peserta Pelatihan Replikasi BTL-2 :
































( Muhammad Arief Supena, S.Pd )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar